Tutorial Photoshop - Photoshop secara umu di kenal sebagai alat untuk memanipulasi image bitmap dan bukan alat untuk membuat dan menciptakan image. Namun demikian, ia memiliki kemampuan untuk dijadikan sebagai program melukis, disamping sebagai pengedit image. dsiini saya mengajak Anda mengenali hal-hal tentang bagaimana meng-gunakan software photosohp cs ini. tutorial inni berlaku untuk semua versi Photoshop CS manapun.  untuk men-download adobe photoshop silahkan  klick ling di bawah ini:

Download Photoshop ... 

Alat Lukis yang Tersedia di Photoshop 

Ada tiga alat lukis utama yang dimiliki Photoshop, mereka itu adalahBrush, Pencil, dan Eraser Tool. Selain itu, juga dikenal alat lukis yangbukan kuas (brush), yaitu Gradient dan Paint Bucket dan di samping itu  masih ada sekelompok alat lukis lainya.seperti brikut



Memilih Warna Foreground dan Background 
 Foreground dan Dackground digunakan untuk mendukung beberapa filter untuk efek khusus. Secara default, warna foreground adalah hitam sedang warna background putih. Di alpha channel, default foreground malah sebaliknya, yaitu putih, dan warna background hitam. Anda dapatmengganti kedua warna tersebut dengan mengklik pada icon set foreground color maupun set background color.


Warna Foreground dan background pada toolbox. 
 A. Kotak warna Foreground. 
B. Icon warna Default. 
C. Icon untuk menukar warna background
menjadi foreground, dan sebaliknya
.D. Kotak warna
 Menggunakan  Eyedropper Tool

     Eyedropper tool alias tool berfungsi untuk mengambil atau mengkopi warna dari suatu image. Caranya,  kliklah warna yang Anda kehendaki dari bagian image dari image yang sedang buka tersebut menggunakan icon Eyedropper tool. Warna yang Anda klik tadi terkopi pada kotak warna Foreground atau Background yang saat itu sedang aktif.
  


Bekerja dengan Brush Tool
    Brush yang Anda pakai melibatkan  banyak karak teristik sesuai hasil yang ingin dicapai dengan tool tersebut Photoshop dan Image Ready memiliki berbagai jenis bentuk kuas siap pakai. Di Photoshop Anda juga dapat membuat sendiri Custom Brush. Semua perangkat untuk melakukan pengaturan brush ini terletak pada Palet Brush karena penguasaan tentang palet brush sangat penting.
Mengenal Palet Brush dan Bentuk - Bentuk Brush

    Palette Brush secara default terletak pada palet well di pojok kanan layar. Palet ini adalah jantung dari seluruh kemampuan melukis dari Photoshop. Untuk memahami bagaimana palet ini bekerja dan apa yang ditawarkan Anda perlu mencobakan fasilitas berikut ini.  Pada palet Brush Anda dapat memilih salah satu di antara 65 bentuk brush siap pakai atau brush presets. Setiap pilihan preset masih dapat Anda kembangkan sesuai kebutuhan Anda.


 
Eraser 
     Sesuai namanya Eras tool di gunakn untuk mrnghapus objak pada gambar yang ingin kita edit.   Eraser tool dapat diaktifkan melalui shortcut tombol E. Ada tigamacam Eraser, yaitu Eraser Tool, Background Eraser dan Magic Eraser Tool. Eraser Tool apabila bekerja pada sebuah image yang sudah dilakukan proses flatten (sudah dijadikan satu layer saja), akan menghapus image yang dilalui pointer dan menggantinya dengan warna background.

Mengebah Ukuran Gambar Dan Kanvas
       Mengubah ukuran gambar dan kanvas pada photoshop  sangat lah mudah, untuk merubah ukuran gambar yaitu dengan mengklik image => imege  kemudian masukan ukuran gambar yang anda inginkan. jika ukuran gambar anda ubah maka ukuran kanvas akan tetap tidak berubah, untuk merubah ukuran kanvas bisa dengan cara kelik Image -> Canvas Size
sekian dulu dari saya. tungggu lanjutanya

tunggu lanjutanya ......

  
 
 


 



These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati